Tuesday, June 9, 2015

10 Tips Mencegah Diabetes Baik turunan maupun tidak


Oke sebelum kita membahas 10 Tips Mencegah Diabetes Baik turunan maupun tidak, kita harus tahu apa itu penyakit diabetes.

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit karena kadar gula darah didalam tubuh naik. Kadar gula darah yang tinggi ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Kasus diabetes ini juga sudah meroket di Indonesia. Diabetes ini bukan faktor keturunan aja yang bisa terjangit tapi orang yang sebelumnya tidak ada riwayat diabetes bisa aja terserang penyakit ini. Memang untuk yang memiliki keluarga atau keturunan diabetes 6 kali lebih besar kemungkinan untuk terserang juga. Maka dari itu sebelum terlambat kita harus tahu bagai mana cara mencegahnya.

Berikut 10 Tips Mencegah Diabetes Baik turunan maupun tidak:

Anda Harus Tahu Apa itu Diabetes

Sebelum ke hal-hal yang lebih mendalam Anda harus tahu terlebih dahulu Apa sebenarnya diabetes itu. Ketika Anda sudah akrab dengan penyakit ini Anda sudah bisa mencoba terapi pencegahan diabetes berikut ini.

Mencoba Mnegurangi Porsi Makan

Mengurangi porsi makan bisa menjadi langka terbaik untuk mencegah diabetes, jadi mulai sekarang ayo mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit.

Olahraga Teratur

Berolahraga setiap hari bisa menjaga badan tetap sehat, selain itu olah raga bisa menurunkan kadar gula dalam darah serta meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Oleh karena itu berolahraga setiap hari minimal 30 menit untuk menjaga kadar gula darah dalam keadaan normal.

Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas kemungkinan besar bisa terserang penyakit diabetes oleh karena itu usahakan Anda memiliki berat badan ideal dan normal.

Sarapan Setiap Hari

Sarapan itu sangat penting, tidak peduli Anda tidak terbiasa sarapan atau Anda memang benci dengan sarapan, mulai sekarang Anda wajib sarapan, Sarapan bukan hanya mengurangi resiko diabetes, sarapan juga bisa mengontrol nafsu makan kita serta membantu mengontrol konsumsi kalori di tubuh kita.

Hindari Makanan Yang Berlemak

Makanan Berlemak Jenuh tinggi terdapat pada junk food (makanan siap saji), sebisa mungkin hindari makanan tersebut. Kadar lemak jenuh yang tinggi pada makanan ini bisa menyebabkan kolesterol didalam tubuh, jika kolesterol tinggi kemungkinan hal ini juga bisa mempengaruhi kadar gula darah didalam tubuh.

Hindari Minuman Yang Manis

Minuman bersoda, minuman berperasa, minuman berpemanis sebisa mungkin dihindari, karena minuman ini membuat kita semakin besar resiko terkena diabetes. Minuman berpemanis juga mengandung sumber gula yang tak terlihat sehingga ini sangat tidak baik bagi kesehatan.

Banyaklah Makan Sayur

Makan daging itu lezat sekali tapi juga tidak boleh tiap hari makan daging, yang baik itu kitamengonsumsi sayur yang banyak, karena itu bisa menurunkan resiko diabetes.

Kita Harus Menghindari Stres

Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan. Lakukan mulai dari sekarang.

Tidurlah yang Nyenyak

Setidaknya tidurlah 6 jam sehari. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan kita menggila.

Demikianlah 10 Tips Mencegah Diabetes Baik turunan maupun tidak.  Semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment