Sunday, June 7, 2015

DASH diet untuk menurunkan HIPERTENSI (darah tinggi)


DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah pola makan sehat yang didesain untuk membantu merendahkan tekanan darah alias hipertensi. DASH Diet menyarankan untuk mengurangi konsumsi sodium dan panganan yang kaya nutrisi seperti kalium, kalsium dan magnesium. Dengan mengikuti DASH Diet, Anda bisa mereduksi tekanan darah hanya dalam beberapa minggu.

Berbagai Cara DASH Diet:

Reduksi kadar Sodium Kunci suksesnya DASH diet adalah mereduksi kadar sodium yang Anda makan. Sebab sodium dapat meningkatkan tekanan darah pada beberapa orang yang sensitif terhadapnya. Anda dapat memilih versi diet sodium yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda:
  • Standard DASH diet – Anda dapat menkonsumsi hingga 2.300 milligram (mg) sodium setiap hari.
  • Lower sodium DASH diet -  Anda dapat menkonsumsi hingga 1.500 mg sodium per hari.
Kedua versi diet tersebut diklaim mampu menurunkan jumlah sodium dalam diet Anda dibandingkan dengan apa yang Anda dapat saat melakukan diet tradisional- hanya 3.500 mg perhari. Jumlah tersebut jauh dari yang direkomendasikan Dietary Guidelines for Americans (maksimum 2.300 mg sodium per hari).

DASH diet: What to Eat

Kedua versi dari DASH diet tersebut meliputi asupan dari jenis padi-padian, buah-buahan, sayur-sayuran dan produk-produk rendah lemak. Termasuk juga ikan, unggas, dan kacang polong. Anda dapat mengonsumsi daging merah, pemanis dan lemak dalam jumlah yang kecil. Berikut jumlah yang direkomendasikan dari masing-masing jenis makanan untuk DASH diet 2.000 kalori per hari.Serelia UtuhSerelia termasuk roti, sereal, nasi dan pasta. Contoh dari satu porsi serelia utuh adalah 1 potong roti gandum, 1 ons sereal, ½ cup sereal yang dimasak, nasi merah atau pasta.
  • Fokus pada serelia karena mereka memiliki serat dan nutrisi lebih banyak. Misalnya menggunakan beras merah ketimbang  beras putih, pasta gandum  dibanding pasta biasa dan roti gandum  daripada roti tepung biasa.
  • Serelia utuh memiliki kandungan lemak yang rendah, jadi hindari penambahan mentega, krim atau keju.
SayuranTomat, wortel, brokoli, ubi dan sayuran berserat lainnya biasanya juga mengandung vitamin dan mineral seperti kalium dan magnesium.
  • Jangan menggunakan sayuran sebagai sajian pelengkap – seporsi sayuran bisa dihidangkan bersama nasi merah atau mie gandum sebagai sajian utama
  • Sayuran beku atau segar merupakan pilihan terbaik. Saat memberli sayuran kalengan atau beku, pilih yang memiliki label rendah sodium.
  • Tetap kreatif untuk meningkatkan jumlah sajian sesuai dengan kebutuhan Anda setiap hari. Anda dapat memangkas jumlah daging dan meningkatkan porsi sayuran.
Buah-buahanBanyak buah yang membutuhkan sedikit persiapan sebelum menjadi bagian yang sehat dari kudapan atau snack. Seperti sayuran, buah-buahan memiliki banyak kandungan serat, potassium dan magnesium serta rendah lemak – kecuali alpukat dan kelapa.
  • Makan sepotong buah sebagai kudapan  kemudian santap low-fat yogurt dengan topping buah sebagai hidangan penutup.
  • Jika memungkinkan jangan buang kulit dari beberapa buah-buahan. Kulit dari apel, pear dan beberapa jenis buah lainnya dapat menambah tekstur yang menarik dan kaya akan nutrisi dan serat.
Produk olahan susuSusu, yogurt, keju dan produk olahan susu lainnya adalah sumber utama dari kalsium, vitamin D dan protein. Namun pastikan bahwa produk olahan susu yang Anda santap adalah yang rendah lemak atau bebas lemak, atau mereka bisa menjadi sumber terbesar lemak.

Daging, Unggas dan Ikan Daging merupakan sumber yang sangat kaya akan protein, vitamin B, zat besi dan zinc. Namun dapat menyebabkan berbagai penyakit akibat kandungan lemak dan kolesterol. Namun jangan jadikan mereka sebagai bagian utama dari diet Anda. Pangkas jumlah asupan daging dan ganti dengan sayuran.
Kacang-kacangan, Biji-bijian dan PolongAlmond, biji bunga matahari, kacang merah, kacang polong atau jenis lain dalam keluarga kacang-kacangan merupakan sumber terbaik untuk magnesium, potassium dan protein. Selain itu, mereka juga penuh akan serat dan phytochemical plus senyawa yang ada di dalamnya dapat memproteksi terhadap kanker dan serangan kardiovaskular. Hidangkan kacang-kacangan dalam porsi kecil, sebab mereka memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.
Lemak dan MinyakLemak membantu tubuh Anda menyerap vitamin dan membantu sistem kekebalan tubuh Anda. Namun terlalu banyak lemak dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung, diabetes dan obesitas. DASH diet adalah menyeimbangkan antara 30% kalori harian dengan lemak, dengan fokus pada lemak tidak jenuh yang lebih sehat.
PemanisAnda tidak harus mengenyahkan seluruh pemanis untuk mengikuti DASH diet. Misalkan menghidangkan satu porsi makanan termasuk 2 sendok teh gula, selai atau jelly.
Meal Replacement (Makanan Pengganti)Sekarang ini banyak sekali ditemukan produk makanan pengganti yang ditujukan bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti untuk diet, penderita diabetes ataupun ginjal. Idealnya makanan pengganti harus memiliki kandungan gizi yang mencukupi kebutuhan tubuh. Untuk itu, ada baiknya sebelum Anda memilih produk makanan pengganti, Anda perlu memperhatikan kandungan gizi yang dimilliki produk tersebut. Selain kalori yang cukup, makanan pengganti sebaiknya memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat sehingga tubuh tidak mengalami kekurangan gizi.
Demikian ulasan tentang DASH diet, semoga bermanfaat.____________________________________________________________________________________________

Bingung berat badan gak turun-turun?

Kenapa sih Anda sangat sulit untuk mengecilkan berat badan? Banyak faktor, namun yang terutama karena sistem organ dan juga usus Anda dipenuhi oleh berbagai racun yang sudah menumpuk. Hal tersebut hal tersebut juga menjadi faktor yang membuat menurunnya metabolisme dalam tubuh dimana proses metabolisme ini sangat penting untuk mengubah atau membakar lemak menjadi  energi dalam tubuh. Ketika proses metabolisme ini terganggu, makan apa saja itu sumuanya akan menjadi lemak. Bahkan sekedar minum airpun jadi timbunan lemak. Kenapa seperti itu? Karena racun atau toxicnya menempel di usus Anda.

Lalu hal apa yang harus dilakukan sekarang?

Langkah pertama: Lakukan detoksifikasi tubuh Anda sekarang, jangan tunda lagi. Karena sumber penyakit bisa berasal dari dalam usus yang menempel toxic atau racun didalamnya.   Ketika toxic sudah dilkeluarkan dari usus Anda, organ-organ penting yang lainnya pun akan mengikuti.
Langkah kedua: setelah detoksifikasi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang baik halal dan se hat  serta berolahraga secara teratur. Selain itu makanan organik juga bisa menjadi solusi terbaik.
Langkah ketiga: Anda juga bisa mengikuti sebuah program terbaru di abad 21, yang telah teruji secara klinis dan dicoba di berbagai negara seperti Amerika, Jepang , Korea, China dan masih banyak lagi. Program ini berguna untuk menurunkan berat badan sekaligus juga mendetoksifikasi tubuh hanya dalam 20 hari: Smart Detox. Informasi lebih lanjut KLIK program smart detox untuk mengecilkan berat badan hanya dalam 20 hari disini 
x

0 comments:

Post a Comment