Monday, June 15, 2015

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Tidur adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kita dalam kehidupan ini. Tidur bisa dibilang menjadi suatu keharusan karena dengan tidur kita bisa mengistirahatkan tubuh kita dari pekerjaan yang menumpuk dan menguras tenaga, dengan tidur kita juga bisa merefresh pikiran kita dari kepenatan sehingga setelah kita bangun tubuh segar pikiran cemerlang dan siap untuk menjalankan aktifitas kembali.

Tidur umumnya dilakukan pada malam hari, karena malam hari adalah waktu yang ideal karena setelah seharian bekerja waktu istirahat adalah malam hari. Kebanyakan dari kita mereka juga tidur disiang hari, hal ini kita kenal dengan tidur siang. Jadi apa sih sebenarnya manfaat dari tidur siang bagi kesehatan kita ini?

Teman teman sehat ideal tubuhku, mungkin diantara kita masih belum banyak yang tahu bahwa tidur siang itu manfaatnya sangat banyak, oleh karena itu pada kesempatan ini sehat ideal tubuhku akan membahas tentang manfaat tidur siang bagi kesehatan kita. Oke berikut ulasan singkatnya:


  • Tidur siang ternyata dapat meningkatkan daya ingat otak Anda. Dalam sebuah penelitihan di tahun 2008, menyatakan bahwa tidur siang selama 45 menit mampu menambah daya ingat otak Anda. Ingat jangan tidur terlalu lama karena yang berlebihan itu tidak baik.
  • Tidur siang ternyata dapat membuat produktivitas kerja Anda meningkat. Bagi Anda yang sering mengalami kecapekan tenaga ataupun pikiran disarankan untuk Anda melakukan tidur siang.
  • Tidur siang juga bisa mencegah insomnia. Siapa disini yang sering menderita insomnia? Dalam sebuah penelitihan di tahun 2011 menegaskan bahwa orang yang menderita insomnia dan melakukan tidur siang akan tubuh orang tersebut menjadi bugar. Hal ini karena waktu istirahat orang insomnia lebih panjang.
  • Tidur siang mampu menurunkan tingkat stress yang Anda derita. Orang mengalami stress biasanya karena pekerjaan menumpuk dan badan kurang fit. Badan kurang fit bisa jadi karena pola tidur yang kurang baik, mungkin tidur malamnya kurang atau apa. Dalam sebuah penelitian hormon stress bisa menurun dengan drastis ketika Anda menjalani tidur siang.
  • Tidur siang membuat jantung kita sehat. Tidur nyenyak pada siang hari dalam waktu antara 20-40 menit sehari ternyata mampu mencegah penyakit jantung dan stroke. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh orang Yunani, mereka menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang dalam waktu 30 menit sebayak 3 kali dalam satu minggu dapat mencegah penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. Berdasarkan penelitihan tersebut juga ditemukan bahwa tidur siang yang baik adalah antara jam 1 sampai jam 3 dan tidak boleh lebih dari 45 menit tidur dalam sehari. Seperti yang saya katakan tadi yang berlebihan itu tidak baik. Oke... Ingat juga bahwa Anda tidur siang berlebihan itu membuat kepala menjadi pusing atau berat ketika Anda bangun.
Baca Artikel yang lainnya:

Demikian sehat ideal tubuhku mengulas tentang manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Sumber : health.detik

0 comments:

Post a Comment