Wednesday, June 17, 2015

Nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil


Hallo Sahabat sehat ideal tubuhku, bagaimana kabar Anda hari ini? Saya berharap kabar Anda luar biasa.

Kehamilan atau mengandung janin adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh pengantin baru maupun oleh mereka yang sudah menikah tapi belum dikaruniahi seorang anak. Mungkin Tak jarang para suami teriak histeris ketika istri mengandung janin dan momen ini juga sangat luar biasa bagi seorang istri. Oleh karena itu nutrisi bagi orang yang sedang hamil itu sangat penting karena bukan hanya sang ibu hamil yang butuh nutrisi tapi janin yang dikandung juga membutuhkan nutrisi yang tepat. Lalu apa dong nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil?

Mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil sangat penting untuk kesehatan bayi dan sang ibu. Hal ini tak bisa dipandang sebelah mata karena ibu maupun suami pasti tak ingin terjadi keluhan-keluhan yang tak didinginkan jadi untuk menghindari itu semua Anda sebagai calon ibu harus mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Berikut ulasan singkatnya:


  1. Makanlah Makanan yang Mengandung Protein. Seorang ibu hamil harus mengonsumsi protein, sebaiknya Anda mengonsumsi protein antara 75 sampai dengan 100 gram perhari. Protein dapat membantu pembentukan jaringan pada janin dan menyuplai tambahan darah pada ibu hamil. Beberapa makanan yang mengandung protein adalah ikan, tahu, tempe, ayam dan kacang-kacangan.
  2. Makananlah Makanan yang Mengandung Kalsium. Bagi ibu hamil konsumsilah 1000miligram kalsium perharinya. Kalsium dapat membantu pembentukan jaringan tulang pada janin dan proses tumbuhnya gigi pada bayi. Beberapa Makanan sebagai sumber kalsium adalah susu, telur, tahu, serta kubis.
  3. Makanlah Makanan yang Mengandung Zat Besi. 27 Miligram perhari dapat mencukupi kebutuhan janin dan ibu yang sedang hamil. Zat besi berfungsi untuk meningkatkan volume darah serta mencegah terjadinya gejalah anemia pada ibu hamil. Beberapa makanan sumber zat besi adalah bayam, selada, kubus, daging sapi serta beberapa jenis daging unggas.
  4. Makanlah Makanan yang mengandung Asam Folat. Asam Folat dapat membantu proses pembentukan sistem syaraf pada bayi dan mencegah berbagai kelainan pada syaraf bayi. sebaiknya Anda mengonsumsi 600 sampai dengan 800 microgram perhari. Makanan yang mengandung asam folat tinggi diantaranya: bayam, tomat dan jeruk.
  5. Makanlah Makanan yang Mengandung Vitamin C. Sebaiknya ibu yang sedang hamil mencukupi kebutuhan vitamin c sebanyak 85 miligram perhari. Fungsi dari vitamin C adalah dapat membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi pada janin dan dapat meningkatkan proses metabolisme pada ibu hamil. Makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk, tomat, melon, mangga dan lain-lain.
  6. Lebih Memilih untuk Minum Air Putih. Ibu yang sedang hamil sebaiknya lebih memilih mengonsumsi air putih dari pada konsumsi teh, kopi maupun minuman bersoda. Mengonsumsi air putih dapat membantu melancarkan perncernaan selama masa kehamilan.
  7. Hindari Makanan yang bisa Membahayakan Kesehatan Janin. Ketika ibu hendak mengonsumsi daging sebaiknya masak hingga benar matang sempurna agar bakteri benar-benar mati dan tidak meyebabkan gangguan pada janin maupun pada ibu saat proses kehamilan.
Baca Artikel Lainnya:
Demikian sehat ideal tubuhku mengulastentang Nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil Semoga bagi Anda yang sedang hamil, selalu diberkahi kesehatan dan diberi keselamatan bagi keduanya.

Sumber : americanpregnancy. Image: evoucher

0 comments:

Post a Comment