Sunday, June 14, 2015

Bahaya Begadang bagi Otak Manusia


Anda suka begadang??? Bergadang adalah salah satu kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan, kebiasaan begadang umumnya akrab dengan para remaja, orang yang berumur atau dewasa. Beberapa alasan yang menyebabkan orang begadang adalah dikejar deadline, tugas yang menggunung, rumpi/ mengobrol dengan teman dekat sampai larut malam, bisa juga menyaksikan film favorit di televisi ataupun di komputer. Tentu Anda dan saya tahu bahwa begadang itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dan apakah Anda tahu bahwa begadang rutin setiap malam dapat membahayakan organ otak Anda? Lalu apa saja bahaya begadang bagi otak kita?

Teman-teman sehat ideal tubuhku bagaimana kabar Anda hari ini? Setelah seharian Anda bekerja, terkuras tenaga dan pikiran kita. Tidur pada malam hari yang nyenyak menjadi suatu hal yang vital untuk mengembalikan tenaga kita dan merefresh pikiran kita untuk aktivitas keesokan harinya. Sehat ideal tubuhku kali ini akan berbagi beberapa fakta yang membuat Anda tak ingin lagi bergadang.

Berikut ini Bahaya Begadang bagi Otak Manusia:

  • Begadang beresiko besar terkena penyakil Alzhimer serta kelainan syaraf. Menurut study terbaru yang dilakukan oleh Maiken Nedergaard, M.D., D.M.Sc. dari Pusat Medis University of Rochester Medical Center, pada saat Anda tertidur pulas pada malam hari, organ otak akan bekerja secara maksimal untuk  membuang racun serta zat sisa-sisa aktivitas syaraf yang menumpuk di organ otak selama beraktivitas seharian. Tumpukan racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf inilah yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer serta kelainan pada syaraf. Hal inilah yang telah menjadi alasan kuat, tidur dimalam hari lebih penting daripada Anda menghabiskan waktu malam Anda dengan begadang
Saat Anda tertidur nyenyak pada malam hari, organ otak akan menciut hingga mencapai 60 persen. Hal ini akan membuat cairan pada tulang belakang otak dapat mengalir lancar. Cairan pada tulang belakang otak berperan dalam hal membuang sampah serta racun yang terakumulasi di otak ke dalam sistem peredaran darah serta hati seseorang untuk disaring. Semua proses diatas, akan berjalan maksimal, saat seseorang tertidur pulas serta nyenyak pada malam hari.  Jadi, masih kah hobi Anda begadang tiap malam tetap di lakukan, setelah membaca berbagai fakta tentang tidur malam tersebut...??

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam hanyat dari saya...

Artikel kesehatan lainnya:

0 comments:

Post a Comment